U.S.A. (singkatan dari United States of America) merupakan negara adidaya yang terdiri dari 50 Negara Bagian atau State dengan jumlah penduduk sekitar 300 juta jiwa yang berasal dari berbagai latar belakang ras dan budaya. Oleh karena itu negara maju yang sering disebut sebagai Negara Paman Sam ini mempunyai lingkungan dan penduduk yang sangat multicultural.

DARI WEST COAST KE EAST COAST

Negara yang luas ini terbentang dari Pantai Barat ke Pantai Timur dengan jarak kurang lebih 5 jam penerbangan ini mempunyai 4 musim dan karena luasnya Amerika mempunyai 3 zona waktu di daratan Amerika dan 6 zona waktu apabila termasuk Negara Bagian Hawaii dan Alaska.

TEKNOLOGI MAJU 

Amerika Serikat sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya dan merupakan tempat direalisasikannya berbagai impian umat manusia, seperti pendaratan manusia di bulan, penemuan pesawat ulang-alik, teknologi informasi, dsbnya. Kemajuan ilmu dan teknologi ini juga tercermin dari banyaknya universitas, college dan lembaga pendidikan lainnya di Amerika Serikat, serta peringkat universitas-universitasnya yang telah terkenal di dunia seperti Harvard University, MIT, Yale University dan sebagainya.

AMERIKA SEBAGAI TUJUAN STUDI 

Memilih melanjutkan kuliah di Amerika Serikat merupakan pilihan yang tepat, karena disanalah terdapat perguruan tinggi, college, polytechnic dan vocational school yang terkenal di dunia internasional. Kalau kita perhatikan beberapa versi Ranking Universitas Dunia, lebih dari 60% universitas yang menduduki ranking dunia tersebut adalah universitas-universitas Amerika. Dewasa ini di Amerika Serikat terdapat kurang lebih 10.000 lembaga pendidikan, termasuk universitas, college, polytechnic dll, namun hanya +/- 5.000 diantaranya yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi resmi. Oleh karena itu dianjurkan agar para siswa berhatihati dan selektif dalam menentukan pilihan sekolahnya. Amerika 22 Sangat penting untuk memilih sekolah yang berakreditas karena standar minimum fasilitas dan mutunya terjamin, serta kredit-kredit yang diperolehpun diakui dan dapat ditransfer ke universitasuniversitas lain.

BADAN AKREDITASI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS DI AMERIKA Terdapat berbagai macam badan akreditasi universitas di Amerika Serikat, tetapi minimal pilihlah sekolah atau universitas yang telah diakreditasi oleh salah satu badan akreditasi yang bersifat regional sesuai dengan wilayah (region) sbb :

• Western Association of Schools and Colleges

• New England Association of Schools and Colleges

• Middle States Association of Colleges and Schools

• North Central Association of Colleges and Schools

• Northwest Commission on Colleges and Universities

• Southern Association of Colleges and Schools

Untuk tingkat pendidikan pasca sarjana (Master) terdapat pula badan akreditasi professional sesuai dengan jurusannya, seperti misalnya:

AACSB untuk Program MBA ABET untuk Program Engineering American Bar Association untuk Program Law

BERBAGAI MACAM BENTUK PERGURUAN TINGGI DI AMERIKA 

UNIVERSITY : Perguruan tinggi bisa Negeri atau Swasta yang memberikan gelar Bachelor dan Master sampai Doktor. Universitas besar sering kali terdiri dari beberapa College.

COLLEGE : Umumnya Swasta dan lebih kecil dari university dan rata-rata memberikan gelar sampai Bachelor, tetapi ada juga beberapa college yang dapat memberikan gelar sampai Master.

INSTITUTE OF TECHNOLOGY : Memberikan gelar Bachelor dan Master dan umumnya lebih menonjol untuk bidang Engineering dan Science.

POLYTECHNIC : Memberikan gelar Bachelor dan Master untuk bidang-bidang perkuliahan yang lebih bersifat terapan dan menekankan pada sisi praktis.

JUNIOR COLLEGE : Sering disebut Community College, merupakan pendidikan tinggi negeri yang 22 23 menyelenggarakan program kejuruan/ non gelar/program university transfer dan memberi gelar Associate Degree (2th). Banyak siswa menggunakan Community College sebagai batu loncatan menuju Universitas Top. Dari penjelasan istilah di atas dapat dilihat bahwa institusi penyelenggara Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat tidaklah selalu menggunakan predikat “University”

SISTEM PERKULIAHAN Satu tahun kuliah (Academic Year) di USA adalah 9 bulan, sedang liburan musim panas adalah 3 bulan, Para siswa dapat tetap kuliah pada musim panas, yang berarti akan mempersingkat waktu kuliahnya. Misalnya untuk program BSc/ BA yang seharusnya 4 tahun dapat dicapai dalam 3 tahun. Perguruan tinggi Amerika Serikat menerapkan Sistem Kredit yang fleksibel. Ada dua macam sistim perkuliahan yaitu Sistim Semester dan Sistem Kwartal, sehingga ada Kredit Semester dan Kredit Kwartal dengan bobot yang berbeda. Para siswa bebas menentukan jumlah kredit yang akan diambil tiap Semester/Kwartal, akan tetapi sebagai mahasiswa asing di Amerika Serikat harus terdaftar sebagai mahasiswa Full Time dengan mengambil minimal 12 kredit.

BAGAN JENJANG PENDIDIKAN DI AMERIKA 

PERMULAAN KULIAH Dalam Sistim Semester satu tahun ajaran terdiri dari 2 Semester, biasanya dimulai pada bulan Agustus (Fall) dan Januari (Spring), sedangkan musim panas (Summer) dimulai pada bulan Mei. Sedangkan pada Sistim Kwartal terdiri dari 3 Kwartal, yang dimulai pada bulan September (Fall), Januari (Winter), Maret (Spring) sedangkan musim panas (Summer) dimulai di bulan Juni. Ada juga beberapa College atau Universitas yang menganut sistim Trimester, dimana terdapat 3 Kwartal termasuk Summer dan 1 Kwartal pendek selama 4 minggu di bulan Januari (Winter Trimester) 24

MASUK UNIVERSITAS TOP ? Pada umumnya tidaklah mudah untuk dapat langsung diterima pada universitasuniversitas top di Amerika karena persyaratan masuknya yang sangat tinggi sebagai akibat dari persaingan yang ketat, dan harus diingat pula bahwa universitasuniversitas terkenal tersebut sudah menutup pendaftaran 1 tahun dimuka. Bagi siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di universitas termashur, maka hal itu dapat dicapai dengan terlebih dahulu kuliah disalah satu universitas menengah atau college yang accredited, dapatkan nilai dan prestasi yang baik, kemudian pindah/transfer ke universitas terkenal untuk menyelesaikan Gelar. Perlu diingat bahwa GPA (IPK) yang baik saja tidaklah cukup untuk bisa diterima di universitas top Amerika. Keaktifan siswa dalam kegiatan-kegiatan baik didalam dan diluar kampus sangat diperhitungkan. Sebagai American Education Specialist, para Counselor ANINDO akan dengan senang hati membantu memberikan saran-saran bagi para siswa dalam merealisasikan impiannya untuk masuk universitas top di Amerika Serikat.

SYARAT MASUK UNIVERSITAS PROGRAM UNDERGRADUATE • Lulus SMA atau sederajat (O Level, IB, IGCSE), dengan nilai baik. • Menguasai bahasa Inggris secara aktif dan lancar yang dinyatakan dengan TOEFL minimal 500 (nilai IBT 61+), jika belum ada, dapat mengikuti penataran bahasa di Amerika, tidak harus diambil di Indonesia. Sebagian universitas juga memerlukan test SAT. • Mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah dan hidup selama di Amerika.

PROGRAM GRADUATE 

• Lulus Sarjana (S1/Bachelor Degree) dengan nilai baik

• Menguasai bahasa Inggris dengan nilai TOEFL minimal 550-600 (IBT 76-100)

• Test GMAT (untuk bidang Business) atau GRE untuk bidang-bidang studi lainnya dengan nilai sesuai yang disyaratkan oleh masing-masing universitas.

• Mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah dan hidup selama di Amerika.

• Beberapa program dan universitas juga memperhitungkan pengalaman kerja.

• Menulis essay sesuai dengan permintaan masing-masing universitas

BIAYA Biaya kuliah di Amerika Serikat sangat bervariasi, tergantung dari jenis institusi, apakah Community College, Private College atau University, serta statusnya apakah pemerintah atau swasta. Lokasi juga mempengaruhi besarnya biaya kuliah.

Perkiraan anggaran biaya kuliah dan hidup di Amerika pertahun akademi adalah sbb :

UANG KULIAH (9 BULAN) US$ 6,000 – 50,000
TEMPAT TINGGAL & MAKAN 9 BULAN US$ 7,000 -18,000
MUSIM PANAS (3 BULAN) US$ 3,000 – 5,000
UANG SAKU US$ 3,500 – 4,500
BUKU & ASURANSI US$ 1,000 – 1,500

Sedangkan anggaran biaya sekolah bahasa beserta biaya hidup berkisar antara US$ 2,000 – 2,500 per bulan. Kecenderungan biaya hidup di pantai Barat dan pantai Timur dan dikota-kota besar lebih mahal dibandingkan dengan biaya di kota-kota kecil di Amerika bagian Tengah.

Biaya 1 tahun pertama wajib tersedia pada waktu keberangkatan ke Amerika (diperlihatkan kepada petugas Kedutaan Amerika pada waktu mengajukan visa pelajar). Untuk mendaftarkan ke perguruan tinggi di USA anda dapat memanfaatkan jasa, pengalaman dan reputasi ANINDO, yang secara langsung ditunjuk oleh banyak Perguruan Tinggi negeri dan swasta di USA sebagai perwakilannya. Kami menjalin hubungan yang erat dengan sekolahsekolah tersebut sehingga pelayanan kami akan cepat, tepat dan terjamin.

HIGH SCHOOL/HIGH SCHOOL COMPLETION DI AMERIKA SERIKAT

Para siswa yang belum lulus SMA di Indonesia dapat juga melanjutkan ke High School (Year 10 – 12) di Amerika yang dimulai setiap bulan Agustus, atau bagi siswa yang telah berumur 16 tahun dapat mengikuti program Fast track yang disebut High School Plus/High School Completion khusus di negara bagian Washington. Dengan mengikuti program High School Completion ini siswa dapat menghemat waktu rata-rata 1 tahun.

SEVIS DAN STUDENT VISA SEVIS singkatan dari STUDENT AND EXCHANGE VISITOR INFORMATION SYSTEMS merupakan database yang dipergunakan untuk memonitor keluar masuk serta keberadaan semua mahasiswa asing yang belajar di Amerika Serikat. Institusi yang menerima mahasiswa asing akan memasukkan data-data siswa yang telah diterima ke SEVIS untuk memperoleh SEVIS ID, dan mengeluarkan dokumen yang disebut I-20 yang akan digunakan untuk mengurus visa pelajar. Sebelum mengajukan visa pelajar di Konsulat Amerika, siswa harus membayar biaya SEVIS secara online sebesar US$200. Jenis-jenis Visa yang diperlukan untuk belajar di Amerika Serikat ada 3 macam yaitu: F-1 Student Visa untuk belajar ke programprogram gelar dan bahasa. J-1 Exchange Visa untuk program pertukaran pelajar dan internship M-1 Student Visa untuk program kursus atau vokasional dan non akademik Penting bagi semua mahasiswa asing di Amerika untuk selalu mematuhi peraturanperaturan imigrasi untuk jenis visa masingmasing agar tidak melanggar aturan sehingga kehilangan statusnya dan menjadi illegal.

DOKUMEN YANG DIPERLUKAN UNDERGRADUATE PROGRAM (BACHELOR) 

• Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah – 3 lembar

• Surat Referensi Bank dari pembiaya, dengan jumlah saldo minimal biaya 1 th.

• Pas photo ukuran 5×5 cm sebanyak 5 lembar (background putih)

• Photocopy Akte Kelahiran dan Pasport

• TOEFL Test (yang sudah ada)

• SAT (bila diperlukan)

GRADUATE PROGRAM (MASTER) Dokumen-dokumen tersebut di atas ditambah :

• Photocopy Transkrip dari universitas yang dilegalisir 4 lembar + amplop universitas

• Surat Rekomendasi dari Dekan dan 2 orang Dosen/Perusahaan

• Silabus (untuk transfer)

• Ijazah Sarjana yang dilegalisir- 4 lembar

• GMAT/GRE Test (yang sudah ada)

• Essay & CV