U.K. merupakan sebuah kerajaan yang terkenal di Eropa dan pada masa lalu mempunyai banyak wilayah jajahan. Wilayah-wilayah jajahan Inggris yang telah merdeka sekarang disebut sebagai Negara Persemakmuran atau Commonwealth Country. Sebagai salah satu kerajaan tertua, U.K sangat terkenal akan kebudayaan dan keseniannya, bahkan bahasanyapun telah kita ketahui sebagai bahasa komunikasi dunia, yaitu Bahasa Inggris.

United Kingdom terdiri dari 4 wilayah atau negara bagian yaitu: England, Wales, Scotland dan Northern Ireland, yang dipimpin oleh seorang Ratu dan dibantu oleh Perdana Menteri yang menjalankan roda pemerintahan.

U.K. tidak termasuk dalam Negara Uni Eropa, sehingga masih menggunakan mata uangnya sendiri yaitu Poundsterling atau GBP.

UNIVERSITAS DI U.K.

United Kingdom telah memulai tradisi Universitasnya sejak berabad-abad lalu dengan Centre of Excellence-nya yang terkenal seperti Cambridge University dan Oxford University, dimana pelajar dari seluruh dunia datang untuk menuntut ilmu disana. Sekolah dan perguruan tinggi (universitas) di Inggris dengan British Systemnya sangat terkenal akan kualitas pendidikannya yang tinggi serta keunggulannya dalam riset.

Saat ini terdapat sekitar 120 Universitas di U.K. yang mayoritas merupakan universitas milik pemerintah. Terdapat istilah Old University dan New University di UK. Old Inggris / U.K 35 university adalah perguruan tinggi yang pada saat didirikan sudah berpredikat sebagai Universitas, sedangkan yang disebut sebagai new university adalah college-college atau polytechnic-polytechnic yang berubah nama menjadi University di era tahun 1980 an. Selain itu terdapat ratusan college pemerintah dan swasta yang menyelenggarakan program-program pendidikan praktis serta kejuruan. Pada umumnya permulaan tahun kuliah di U.K. adalah pada bulan September, tetapi ada juga beberapa Universitas yang menerima siswa pada bulan Januari/Februari untuk jurusan-jurusan tertentu.

SISTIM PENDIDIKAN DI U.K.

Pendidikan formal di U.K. dimulai dari Primary Education (Sekolah Dasar) selama 6 tahun, kemudian Secondary Education selama 4 tahun dengan kualifikasinya yang terkenal yaitu GCE “O” Level atau GCSE (General Certificate of Secondary Education). Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke Universitas harus melanjutkan ke GCE “A” Level selama 2 tahun lagi. Selain “A” Level, sekarang banyak juga sekolah yang menyelenggarakan program dengan kualifikasi IB (International Baccalaureate).

Untuk masuk ke program-program praktis dan kejuruan dengan kualifikasi Higher National Diploma (HND) atau Higher National Certificate (HNC) bisa ditempuh dari “O” Level, dengan masa studi selama 1-2 tahun. Lulusan dari HND bisa melanjutkan ke program Gelar Bachelor di Universitas.

Bagi siswa lulusan SMA dari Indonesia yang ingin melanjutkan ke Universitas di U.K. diharuskan mengikuti program Foundation selama 1 tahun, atau program “A” Level selama 1,5-2 tahun, terutama bagi mereka yang ingin mengambil jurusan Kedokteran atau ingin masuk ke universitas-universitas top seperti Oxford dan Cambridge.

GELAR DI U.K.

Program Gelar pertama di UK adalah Program Undergraduate yang memberikan gelar Bachelor (BA atau BSc.) setingkat dengan S-1, dengan masa studi rata-rata 3 tahun. Dikenal istilah BA Honours (BA Hons.) dengan beberapa tingkatan, seperti First Class Honours, Second Class Honours sampai tanpa honours yang ditentukan berdasarkan nilai yang diperoleh.

Program Gelar berikutnya yaitu Program Postgraduate yang memberikan gelar MA, MSc, MBA (khusus untuk jurusan Business), LLM (untuk jurusan Law) setara S2. Pada tingkat Postgraduate ini ada juga programprogram berbasis riset yang memberikan gelar M Phil.

Program-program Master (S2) di U.K dapat ditempuh dalam waktu 1 tahun saja, lebih cepat dibandingkan di negara-negara lain yang memerlukan waktu 1,5 – 2 tahun. Setelah menyelesaikan program Master, program studi lanjutan yaitu Program PhD atau Doktoral selama 3 tahun.

Khusus untuk program MBA, memerlukan pengalaman kerja antara 2-5 tahun sebagai syarat masuknya.

SYARAT MASUK UNIVERSITAS

Untuk Tingkat Bachelor (S-1)
• Lulusan SMA dan Foundation, atau lulusan “A” Level
• Menguasai Bahasa Inggris secara mahir
• Mempunyai biaya yang cukup untuk selama sekolah di Inggris
Untuk Tingkat Master (S-2)
Syarat minimum pendidikan, lulusan S-1

SISWA SISWA YANG BELUM LULUS SMA

Bagi siswa-siswa SMP atau yang belum tamat dari SMA dapat juga melanjutkan SMA-nya di Inggris (GCSE & ‘A’ Level), untuk kemudian melanjutkan ke universitas.

PROGRAM NON GELAR

Di Inggris terdapat banyak sekali programprogram pendidikan non gelar yang bersifat praktis dan lebih singkat (biasanya +/- 1-2 tahun).

Lulusan program ini akan mendapatkan Sertifikat atau Diploma, diantaranya yang disebut HND (Higher National Diploma), HNC (Higher National Certificate) dan BTEC.

Untuk masuk program non gelar ini tidak diperlukan GCE “A” Level.

BIAYA

Perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris per tahun adalah sbb :

Uang kuliah

Tinggal & makan

Uang saku

Buku-buku

Total

£ 6 ,000 – 18,000

£ 6 ,000 – 10,000

£ 2 ,500 – 3,000

£ 5 00 – 1,000

15,000 – 32,000

Anggaran biaya untuk sekolah bahasa beserta biaya hidup di Inggris adalah sekitar : £ 1,500 – 2,000/ bulan.

PROGRAM S2

Program S-2 (Master) di Inggris rata-rata adalah 1 tahun, dengan demikian biaya akan lebih hemat dan selesai lebih cepat dibanding rata-rata Program Master di negara lain. Untuk Program Master dengan riset memerlukan waktu yang lebih panjang.

DOKUMEN – DOKUMEN YANG DIPERLUKAN

• Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (3 lembar), dan hasil test IELTS
• Surat Referensi Bank dari Pembiaya, beserta rekening koran 3 bulan terakhir • Pas photo ukuran 2,5 x 3,5 cm (5 lembar)
• Passport
• Akte Kelahiran

UNTUK PROGRAM S-2 DITAMBAH :

• Transcript dari universitas yang dilegalisir (3 lembar)
• Ijazah S-1
• Surat Rekomendasi dari Dekan/Dosen dan dari Perusahaan apabila pernah bekerja
• Essay dan CV/Resume