Negara pulau yang hanya berjarak 1½ jam penerbangan dari Jakarta ini merupakan salah satu negara Commonwealth Inggris dengan penduduk sekitar 5 juta jiwa, dan karena jaraknya yang dekat dengan Indonesia inilah Singapura merupakan negara tujuan studi yang banyak diminati oleh para siswa Indonesia, terutama yang masih dibawah umur (tingkat SD & SLTP). Selain itu kebudayaan dan iklim yang hampir sama dengan Indonesia membuat para orang tua merasa lebih nyaman dan kurang rasa khawatir untuk menyekolahkan putra putrinya di Singapura.

Singapura walaupun negara kecil tapi merupakan pusat transit pelayaran dan penerbangan di Asia, bahkan didunia sehingga menjadikannya negara maju dan kaya. Sebagai salah satu pusat perdagangan Asia, Singapura dikenal sebagai negara yang aman, bersih dan teratur, dan faktor-faktor ini pulalah yang menjadikan Singapura tempat yang ideal untuk belajar bagi para siswa mancanegara.

PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH DAN PRE-UNIVERSITY

Jenjang pendidikan formal di Singapura yang menganut British Singapura 50 System ini dimulai dari pendidikan setingkat SD yang disebut Primary School selama 6 tahun, kemudian setingkat SMP yang disebut Secondary School selama 4-5 tahun (Express atau Normal). Lulusan Primary School akan menerima Primary School Leaving Certificate, lulusan Secondary School akan menerima Singapore – Cambridge “O” Level Certificate.

Para lulusan “O” Level dengan nilai baik dapat melanjutkan ke Junior College atau Pre-University selama 2 tahun untuk memperoleh “A” level Certificate, yang merupakan persyaratan untuk mendaftar ke universitas Singapura.

Bagi para siswa yang tidak memenuhi syarat untuk masuk Junior College dianjurkan untuk mendaftar ke Polytechnic atau ITE (Institute of Technical Education)

Sekolah-sekolah Primary, Secondary dan Junior College tersebut mayoritas adalah sekolah pemerintah atau Government School. Disamping itu terdapat juga sekolah-sekolah swasta Internasional yang menganut sistim Internasional (IB), Australia atau Amerika.

Untuk masuk ke masing -masing sekolah tersebut harus melalui test masuk. Para siswa internasional yang ingin masuk ke Government School harus mengikuti test yang disebut AEIS Test yang diadakan setiap bulan Oktober.

Bahasa utama di sekolah-sekolah Singapura adalah bahasa Inggris, oleh karena itu para siswa yang belum menguasai bahasa Inggris dengan baik dianjurkan untuk mengikuti kursus persiapan terlebih dahulu sebelum mengikuti test masuk Government School.

PENDIDIKAN TINGGI

UNIVERSITAS NEGERI 
Singapura mempunyai 2 Universitas negeri yaitu National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) dan 1 Universitas bersubsidi pemerintah yaitu Singapore Management University (SMU), yang menyelenggarakan program pendidikan Bachelor, Master dan Doktoral. Ketiga universitas ini mempunyai persyaratan masuk yang sangat kompetitif dan juga menawarkan program bea siswa dengan ikatan kerja disalah satu perusahaan Singapura.

UNIVERSITAS ASING 
Disamping ketiga universitas tersebut di Singapura juga terdapat beberapa universitas asing terkenal yang membuka cabang di Singapura, seperti James Cook University dan Curtin University dari Australia, University of Nevada-Las Vegas dan Chicago University dari Amerika.

POLYTECHNIC 
Polytechnic adalah institusi milik pemerintah yang menyelenggarakan program-program Diploma untuk berbagai bidang studi dengan orientasi praktis untuk masa studi 2-3 tahun. Terdapat 5 Polytechnic di Singapura yaitu:

• Singapore Polytechnic
• Nanyang Polytechnic
• Temasek Polytechnic
• Republic Polytechnic
• Ngee Ann Polytechnic

Para lulusan Polytechnic dengan nilai Diploma yang memuaskan dapat melanjutkan ke program gelar di universitas, dan umumnya dapat mulai langsung tahun ke-2.

ITE (INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION) 
Para siswa yang tidak berminat untuk mengikuti program gelar, merasa kurang mampu secara akademis atau lebih berminat dengan pendidikan vokasional dan teknikal dianjurkan untuk mengikuti program ITE.

PEO (PRIVATE EDUCATION ORGANIZATION) 
PEO adalah lembaga-lembaga pendidikan swasta yang menyelenggarakan programprogram Certificate dan Diploma umumnya untuk bidang-bidang Business, IT dan Hospitality Management dan beberapa bidang studi praktis lainnya. Lembagalembaga ini juga menyelenggarakan program Gelar dengan berafiliasi dengan universitas-universitas dari negara-negara seperti UK, Australia dan Amerika.

Para PEO yang ingin menerima mahasiswa asing harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh MOE (Ministry of Education) diantaranya adalah EDUTRUST, sehingga para mahasiswa asing yang belajar di Singapura lebih terjamin dan terlindungi.

Begitu kompetitfnya untuk masuk ke universitas Singapura sehingga kebanyakan para siswa asing setelah menyelesaikan GCE “0” Level atau “A” Level di Singapura pindah ke negara lain. Lulusan “0” Level biasanya dapat diterima di program Foundation di Australia dan Inggris, serta langsung masuk ke College, bahkan sebagian Universitas di Amerika.

BIAYA

Perkiraan biaya sekolah dan biaya hidup di Singapura untuk tingkat Primary s/d Junior College per tahun adalah sbb :

Government School

International School

Tempat Tinggal & Makan (12 Bulan)

Uang Saku

Buku-Buku

S$ 1,500 – 5,000

S$ 15,000 – 20,000

S$ 10,000 – 18,000

S$ 3,500 – 5,000

S$ 500 – 1 ,000

Uang sekolah untuk kursus bahasa Inggris berkisar antara : S$ 2,000 – 3,500 per 12 minggu.

Biaya kuliah di Polytechnic : S$ 2,500 / tahun. Setelah selesai Diploma siswa dengan subsidi harus menjalani kerja praktek selama 3 tahun di salah satu perusahaan Singapura.

Biaya kuliah program Diploma di Collegecollege swasta: S$ 7,000 – 12,000 /tahun.

Disamping biaya-biaya tersebut diatas masih terdapat biaya¬biaya lain seperti :

Biaya sebagai siswa asing untuk Pemerintah Singapura sebesar S$ 1,000 (per 2 tahun)

Sumbangan untuk sekolah sekitar S$ 3,000 – 5,000 untuk masing-masing sekolah tingkat SD, SLTP, SMA.

DOKUMEN DOKUMEN YANG DIPERLUKAN 
• Photocopy Raport & Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
• Photocopy Akte Lahir dilegalisir notaris.
• Photocopy pasport siswa & orang tua.
• Pas photo ukuran 4×6 cm -10 lembar
• Photocopy Kartu Keluarga.
• Bukti test Bahasa Inggris.