Swiss, sebuah negara kecil ditengah-tengah benua Eropa ini sangat terkenal sebagai negara makmur yang netral dengan pemandangan alamnya yang indah. Secara geografis Swiss berbatasan dengan negara Perancis dibagian Barat, Jerman dibagian Utara, Italia dibagian Selatan dan Austria di bagian Timur dan terdapat 23 Propinsi yang disebut Canton. Kota terbesar di Swiss adalah Zurich, sedangkan Ibukotanya adalah Bern.

Populasi Swiss hanya berjumlah sekitar 7,5 juta jiwa dan ada 4 Bahasa pengantar yang digunakan sesuai dengan daerahnya, yaitu Bahasa Jerman, Perancis, Itali dan Romansch, namun karena Swiss menjadi tempat bertemunya organisasi-organisasi Internasional maka mayoritas penduduknya bisa berbahasa Inggris.

Swiss tidak tergabung dalam Uni Eropa dan oleh karenanya mata uang yang digunakan masih tetap Swiss Franc (CHF). Walaupun bukan merupakan anggota Uni Eropa, tetapi visa Swiss dapat dipergunakan untuk berkunjung ke negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa.

PROGRAM PENDIDIKAN YANG TERKENAL DI SWISS


HOTEL (HOSPITALITY) MANAGEMENT 
Swiss telah dikenal sejak lebih seratus tahun yang lalu sebagai pelopor industri pariwisata, dan di Swiss jugalah tempat dimulainya pendidikan profesional di bidang Perhotelan. Karena itulah Swiss sering disebut sebagai The Home of Hotel Management Education. Saat ini ribuan mahasiswa dari seluruh dunia belajar ilmu Perhotelan di Swiss, termasuk siswa-siswa dari Indonesia.

FINISHING SCHOOL 
Finishing School merupakan sejenis sekolah kepribadian, biasanya untuk para gadis remaja yang ingin mempelajari kebudayaan, seni dan etiket pergaulan kalangan elite serta lingkungan aristocrat. Sejak ratusan tahun yang lalu Swiss menjadi tempat tujuan wisata bagi para bangsawan Eropa, terutama untuk bermain ski, sehingga mungkin inilah yang menjadikan Swiss sebagai tempat melatih kepribadian juga. Sebut saja beberapa keluarga bangsawan seperti Lady Diana dan Camilla yang pernah mengikuti Finishing School di Swiss. Sayangnya banyak Finishing School yang telah tutup, hanya tinggal beberapa saja yang bertahan.

INTERNATIONAL HIGH SCHOOL 
Karena banyaknya organisasi Internasional berpusat di Swiss sehingga negara-negara anggotanya banyak mengirim perwakilan untuk bertugas disana beserta keluarganya, dan tentunya mereka memerlukan International School bagi putra-putrinya. Selain itu banyak juga keluarga para bangsawan Eropa yang menyekolahkan anak-anaknya di Swiss. Biaya untuk belajar di International School ini boleh dibilang sangat mahal, namun sesuai dengan fasilitas yang diberikan, dan bagi kalangan masyarakat tertentu memang diperlukan lingkungan seperti International School di Swiss.

KENAPA MEMILIH SEKOLAH PERHOTELAN DI SWISS ? 
• Lebih dikenal di dunia karena sebagai pelopor pendidikan Perhotelan, Swiss telah menghasilkan alumni-alumni yang menduduki posisi-posisi puncak dalam industri Perhotelan di seluruh dunia.
• Sistim Pengajaran intensive dan seimbang antara Teori dan Praktek.
• Para lulusannya dapat menguasai minimal 2 bahasa secara aktif
• Kuliah disertai praktek kerja full time sehingga pada saat lulus para siswa sudah berpengalaman dan benar-benar siap memasuki dunia kerja.
• Lingkungan belajar di Swiss sangat multicultural sehingga para siswa terbiasa dengan pergaulan internasional, yang sangat dibutuhkan didunia hospitality.

Sekolah-sekolah Pemerintah di Swiss umumnya menggunakan bahasa Jerman atau Perancis sebagai bahasa pengantarnya, akan tetapi banyak sekolah swasta dan terutama sekolah Internasional menggunakan bahasa Inggris.

Pada umumnya siswa-siswa Internasional termasuk siswa-siswa dari Indonesia lebih memilih sekolah-sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, dengan tambahan bahasa Perancis atau Jerman sebagai bahasa kedua.

Pendidikan perhotelan di Swiss menawarkan program pendidikan mulai dari Diploma (2 tahun), Higher Diploma (2,5 tahun), gelar Bachelor (BA) yang berlangsung selama 3 tahun dan gelar MA dengan tambahan waktu 1 tahun.

Sekolah-sekolah Perhotelan di Swiss biasanya juga menyediakan fasilitas asrama yang bagus dan lengkap dengan makan bagi para siswanya, sehingga para siswa tidak perlu bersusah payah mencari tempat tinggal di luar kampus serta tidak diperlukan transport.

SYARAT MASUK 
• Lulus SMA dengan nilai cukup baik, dan berusia minimum 17 tahun.
• Menguasai bahasa Inggris (TOEFL IBT 61+ atau IELTS 5,0).
• Mempunyai biaya yang cukup.
• Dianjurkan untuk mempelajari dasar-dasar bahasa Perancis atau bahasa Jerman.


BIAYA 
Biaya kuliah, tempat tinggal dan makan :
• Sekolah Perhotelan : CHF. 20,000 – 25,000 /semester /thn
• International High School : CHF. 25,000 – 35,000/ semester
• Uang saku ± Sfr 400 – 500 /bulan.
• Biaya asuransi kesehatan, buku-buku dan material, uniform, excursion ± Sfr. 3,000/semester

Untuk Sekolah Perhotelan, biasanya siswa hanya belajar selama 1 Semester setiap tahun karena Semester ke 2 adalah masa praktek kerja (± 4-6 bulan), dan selama masa praktek kerja para siswa tidak perlu membayar biaya ke sekolah, sebaliknya mereka mendapatkan gaji kotor sebesar ± SFr 2.050 – 2.500 per bulan.

DOKUMEN- DOKUMEN YANG DIPERLUKAN 
• Photocopy ijazah SMA yang dilegalisir Kepala Sekolah
• Hasil TOEFL test bagi yang telah memiliki
• Surat Referensi Bank dari pembiaya/orang tua
• Pasport yang masih berlaku minimal 1 tahun
• Pasphoto berwarna ukuran 4×6 cm – 15 lembar
• Curiculum Vitae & Motivation Letter

PENGURUSAN VISA PELAJAR KE SWISS 
Untuk mengurus Visa Pelajar ke Swiss diperlukan waktu antara 8-12 minggu setelah diajukan melalui Kedutaan Besar Swiss di Indonesia, maka dianjurkan untuk memulai proses pendaftaran sedikitnya 6 bulan sebelum program dimulai. Selain itu juga karena pendaftar berasal dari berbagai penjuru dunia maka Sekolah Perhotelan yang baik di Swiss umumnya telah penuh jauh-jauh hari. BEBERAPA SARAN

UNTUK MEMILIH SEKOLAH PERHOTELAN YANG BAIK 


• Apakah sekolah tersebut telah diakui atau diakreditasi oleh Badan yang berwenang? Untuk Sekolah Perhotelan di Swiss misalnya ASEH (Swiss Hotel Schools Association) – www.aseh.ch

• Program dan Jenjang pendidikan yang ditawarkan, apakah Diploma, Higher Diploma, Bachelor, Master serta bidang-bidang spesialisasinya.

• Jangan lupa perhatikan berapa lama waktu yang diperlukan? Sekolah yang memerlukan waktu terlalu singkat perlu dipertanyakan mutunya, akan tetapi kalau terlalu lama berarti Anda buang waktu dan biaya. Sebagai standard untuk program Bachelor (S-1) adalah 3 tahun.

• Pengakuan di masyarakat, apakah sekolah tersebut sudah dikenal di industri terkait dan namanya dikenal di masyarakat.

• Apakah sekolah tersebut mempunyai afiliasi yang kuat, baik melalui kerjasama dengan universitas yang terkenal, maupun afiliasi dengan dunia industri sehingga memudahkan Anda dalam networking dan mencari pekerjaan.

• Cari tahu apakah siswa-siswa di sekolah tersebut berasal dari banyak negara dan kebangsaan, atau hanya didominasi oleh negara tertentu saja? Disamping itu cari sekolah yang cukup besar dan jumlah siswanya cukup banyak. Semakin banyak dan multicultural semakin baik Anda dapat berinteraksi.

• Kualifikasi, kompetensi dan pengalaman para Tenaga Pengajar dan Staff sekolah tersebut. Selain itu juga jumlah tenaga pengajar di banding jumlah siswa (ratio)

• Fasilitas fisik sekolah tersebut serta pelayanan yang diberikan kepada para siswa. Seperti kondisi kamar, fasilitas internet, perpustakaan, kebersihan, keamanan, pelayanan kesehatan dan fasilitas rekreasi dan olah raga. Banyak brosur sekolah yang terlihat bagus, tetapi kenyataannya berbeda.

• Lokasi sekolah tersebut apakah sesuai dengan keinginan Anda, ada sekolah yang terletak di tengah kota tapi ada juga yang di pinggir kota. Perlu diperhatikan juga berapa biaya pokok yang diperlukan, dan biayabiaya tak terduga yang mungkin timbul. Sekolah dengan biaya yang terlalu murah dibandingkan sekolah2 sejenis lainnya juga perlu dipertanyakan.

• Bagaimana bantuan sekolah tersebut dalam pencarian internship atau kerja praktek yang merupakan bagian dari program pendidikan perhotelan. Seberapa aktif bantuan yang diberikan serta keberhasilannya.

• Apakah sekolah tersebut menyediakan fasilitas bimbingan karir serta bantuan dalam penempatan kerja bagi para lulusannya? Apakah sekolah tersebut secara rutin mengadakan job fair dan sejenisnya, serta acara pertemuan para alumninya ? Mudah-mudahan dengan petunjuk-petunjuk tersebut Anda dapat menemukan Sekolah Perhotelan yang sesuai dengan harapan dan keinginan.